Tools Untuk Melakukan Ekspansi Global

Perkembangan perusahaan saat ini berkembang dengan cepat. Karier dalam dunia ekspor impor bisa jadi sangat luas dan melibakan banyak jenis perusahaan yang didalamnya membutuhkan professional dalam berbagai bidang. Banyak MNC tertarik untuk melakukan ekspansi di Negara yang upah buruhnya rendah (biasanya Negara berkembang), terutama apakah produk yang dihasilkan itu sifatnya padat tenaga kerja. Sedangkan Pemasaran Global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan yang mempunyai bisnis Global, dengan strategi pemasaran global, target pasar global, maupun produk global yang sama (standar) diberbagai Negara.
Bilamana sebuah perusahaan ingin memasuki sebuah negara dengan cepat supaya bisa memanfaatkan peluang pasar yang sedang bertumbuh, opsi seperti pemberian lisensi, pemberian waralaba, atau pengambilalihan perusahaan yang ada mungkin tepat karena perusahaan dapat memanfaatkan fasilitas produksi dan jaringan distribusi yang telah mapan serta pengetahuan pasar dan kontak bisnis lokal.
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Peningkatan nilai dollar dapat berdampak buruk bagi ekspor ke pasar-pasar internasional karena harga produk yang berbeda-beda. Perusahaan terjun ke pemasaran internasional hanya melalui pengiriman barang. Reza Priyambada, analis Woori Korindo Securities, mengatakan kenaikan harga saham-saham maritim disebabkan oleh momentum terpilihnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan program ekonomi maritimnya.
Coca-Cola sangat sukses sebagai perusahan asing karena keahlian pemasarannya. Perusahaan pelayaran ini melepas 1.059.000.000 saham atau setara 15% dari modal ditempatkan dan disetor. Seperti diketahui, dari IPO ini, SOCI hanya meraup dana sebesar Rp 582,45 miliar, lebih kecil dari target maksimal IPO yang mencapai Rp 2 triliun. Hal ini terjadi misalnya karena semakin besarnya permintaan terhadap produk atau jasa yang diproduksi oleh suatu perusahaan.
Pilihan-pilihan strategis yang dihadapi oleh perusahaan melibatkan beragam kombinasi dari keputusan-keputusan negara, pasar, segmen, dan harga yang berbeda-beda, lihat Gambar 1. Startegi penestrasian segemen dan negara (Country and segment penetration strategy) berarti pemusatan pada segmen atau celah pasar tertentu di sedikit negara dan pada kenaikan setahap demi setahap pada jumlah pasar yang dilayani.
Menurut Go Darmadi, dana hasil IPO akan dialihkan kepada entitas anak dalam bentuk penyetoran modal atau pemberian pinjaman. Kehadiran perusahaan-perusahaan internasional multinasional diyakini mampu menjadi kajian tersendiri dalam Bisnis Internasional. Perusahaan multinasional semakin besar peranannya dalam berbagainegara sejak perang dunia II. Awalnya MNC berasal dari AS yang mengembangkan usahanya ke Eropa dan Jepang, dan Australia serta New Zealand.
Dalam hal ini perusahaan melakukan ekspansi untuk memperoleh laba yang lebih besar dari yang mereka dapatkan sebelumnya. Tijuan dan motif MNC melakukan investasi langsung di luar negeri juga berbeda. Selain itu, apabila Anda menentukan target pasar baru dan telah memiliki jenis produk baru yang lebih variatif, Anda juga tentu harus menentukan metode apa yang akan digunakan dalam mencakup target pasar, mendapatkan engagement, hingga melakukan penjualan ke pasar tersebut.
Bagi MNC tentu hal ini bukanlah hal yang mengenakkan untuk dilakukan, namun untuk mencapai konsesi dengan negara tuan rumah MNC akan melakukannya juga, dan pastinya dengan proses tawar-menawar terlebih dahulu yakni berapa persenkah keharusan menggunakan produk lokal negara tuan rumah. Dia menjelaskan, perseroan sudah menunjuk penjamin pelaksana emisi (underwriter) dalam memperlancar kegiatan IPO yaitu PT Mandiri Sekuritas dan RHB OSK Securities Indonesia.
Penulis tidak tahu apakah Soechi bakal terbang atau tidak, namun dengan melihat kinerja perusahaan, valuasi saham, dan terutama prospek yang sedang ramai dibicarakan, maka juga hampir tidak ada alasan bagi saham ini untuk turun. PT Karisma Aksara Mediatama, PT Blue Bird Taxi, PT Soechi Lines Indonesia telah berbicara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melanjutkan kesuksesan produk terbaru Vivo V-Series, V7+, di pasar Asia seperti India, Thailand, Bangladesh, Filipina, dan Indonesia, Vivo pun menyatakan siap untuk menjangkau lebih banyak pasar dan mengajak lebih banyak generasi muda untuk berekspresi dan percaya diri dengan produk berkualitas dan inovatif.
Dalam tulisan ini perusahaan yang dijadikan studi kasus adalah Semen Indonesia dan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk karena kedua BUMN tersebut memiliki karakteristik dalam hal Holding Company. Membandingkan ancangan-ancangan alternatif dapat diperpelik oleh bermacam-macam sasaran yang mungkin dimiliki oleh perusahaan di dalam setiap, pasar asing, dan kadangkala sasaran-sasaran seperti itu bisa jadi tampak tidak konsisten.