Target Pertumbuhan Industri Keuangan 2018 Sulit Dicapai…

Ekonom memprediksi pertumbuhan ekonomi 2018 tidak akan melebihi tahun ini. Wimboh menyampaikan untuk menjawab tantangan sektor jasa keuangan pada tahun 2018, OJK telah menyusun kebijakan strategis agar target pertumbuhan ekonomi tercapai sesuai target. Pertumbuhan tahun ini drivernya lebih ke investasi swasta misal reformasi struktural dan birokasi di bidang pemerintahan dan juga meningkatnya level EoDB kita yang mencapai 72 pada tahun ini, ini menjadi momentum kita,” tambah Aldian.
Ia mengungkapkan, berlarut-larutnya pembahasan UU Ekraf, secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap kontribusi ekonomi kreatif, yang beberapa tahun belakangan ini belum menunjukkan pertumbuhan signifikan. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,07 persen (yoy) dan merupakan yang tertinggi sejak 2014.
JAKARTA, - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ( BNI) mengajak lima mitra binaannya untuk mengikuti pameran produk-produk unggulan bertarap internasional, yaitu Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2018. - Keberhasilan Indonesia menempati peringkat 2 Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018, disambut gembira. Selain itu, sektor fiskal pada tahun depan diharapkan menjadi tumpuan dalam memberikan efek ganda terhadap pertumbuhan sehingga belanja-belanja prioritas harus terlaksana dengan baik.
Brexit Dan Depresiasi Dolar Membuat Harga Minyak Balik Naik
Momentum perbaikan tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk mewujudkan pertumbuhan yang lebih baik ke depan. Bhima berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih baik dengan tumbuh 5,1 persen. Lebih lanjut, Presiden kembali menyampaikan kepada jajarannya bahwa kunci untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi agar dapat lebih meningkat ialah meningkatkan investasi dan ekspor.
Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi 5,4 persen pada tahun 2018, Konsumsi rumah tangga diharapkan dapat tumbuh 5,1 persen, untuk itu stabilitas harga barang pokok dan ketersediaan pasokan pangan akan dijaga. Pemerintah ingin APBN 2018 menjadi instrumen fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus mengentaskan kemiskinan, mengurangi ketimpangan, dan menciptakan lapangan kerja.
“Penerimaan perpajakan menunjukkan suatu perkembangan yang cukup menggembirakan dan denyut ekonomi kita mulai menunjukkan kenaikan dari PPh Pasal 21 yang tumbuh 15,73 persen, tertinggi sejak 2013. Penerimaan perpajakan pada 2017 mencapai Rp 1.343,4 triliun atau mencapai 91,2 persen dari target APBNP 2017. “Kita akan terus lakukan reform baik dari sisi penerimaan negara maupun sisi belanja, agar dampaknya terhadap masyarakat dan ekonomi adalah semaksimal mungkin.
RIFANFINANCINDO
Menurut Sri Mulyani, kinerja investasi pada 2017 sebetulnya telah menorehkan catatan yang terbilang positif. Hitungan kasarnya, belanja pilkada bisa menyumbang tambahan pertumbuhan konsumsi sekitar 0,2-0,3%. Namun saya melihat pilkada lebih bernilai positif bagi perekonomian. Dia menyebutkan, dengan keuntungan tersebut diprediksi akan terjadi kenaikan aset yang bisa mendorong pola konsumsi masyarakat.
Ancaman Badai AS Mereda, Harga Minyak Mulai Turun
Pada tahun 2017 realisasi pertumbuhan ekonomi mencapai 5,07 persen, tahun 2018 ditargetkan mencapai 5,4 persen. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi faktor utama pengerek pertumbuhan ekonomi seperti program-program populis dan padat karya pemerintah akan memperbaiki daya beli masyarakat. Meski penerimaan pajak tidak mencapai target, terdapat pertumbuhan sebesar 12 persen.
Kondisi perekonomian dunia juga berbeda, tahun 2011-2012 pertumbuhan ekonomi dunia mencapai angka 5 persen, sedangkan saat ini hanya berada di kisaran 3 persen. Ia berpendapat tahun politik 2018 bisa berdampak positif melalui dinamika kampanye yang mengumpulkan masyarakat. APBN 2018 mengusung tema “Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan yang Berkeadilan.” Sri mengatakan, tema tersebut lahir dari semangat pemerintah untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkeadilan.
Kualitas pertumbuhan ekonomi dan aspek keadilan akan terus ditingkatkan. Chief Executive Officer Standard Chartered Indonesia Rino Donosepoetro mengatakan pertumbuhan ini akan disokong oleh membaiknya ekspor komoditas, peningkatan konsumsi rumah tangga, dan belanja pemerintah. Hal itu untuk mendorong percepatan pariwisata halal di Indonesia. Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru menjelaskan, sentimen positif itu juga berasal dari kinerja investasi dan komsumsi pada sisi permintaan.