Strategi Kreatif INTERNET. TV Hadapi Generasi Milenial Weblog Karir.Com

Generasi Millennial sekarang ini mulai mendominasi pasar bisnis, baik menjadi tenaga kerja di perusahaan ataupun startup. Disadur dari (2016) bahwa karakter generasi milenial adalah kutu loncat yang berdampak pada gaya bekerja di perusahaan. Dukungan generasi milenial kepada Jokowi hanya 31,7 persen, sedangkan terhadap Prabowo Subianto 35,3 persen. Oleh sebab itu, ada dua situasi yang aktual sekarang ini, yakni situasi di mana generasi old yang mungkin menganggap generasi milenial yang ingin diikuti tadi sebagai generasi sesat pikir, sementara generasi milenial mungkin mengganggap generasi zaman outdated sebagai generasi yang masih terkungkung oleh cara berpikir sesat.
Dalam Bahasa Jepang tsukuri (berarti membuat atau bertumbuh) juga mendeskripsikan bagaimana Toyota mendukung karyawan untuk menjadikan ide dan mentransformasikannya di dalam perusahaan guna menghadapi perubahan di dalam lingkungan bisnis.Penekanan dalam mengubah pengetahuan tacit perorangan menjadi milik perusahaan senantiasa menekankan kepada hubungan antar manusia.
Dari hal diatas kita melihat generasi mana sekarang yang mendominasi dunia kerja. Nah, banyak anggota Generasi X kini menjadi pemimpin perusahaan, sementara yang dipimpin adalah Generasi Milenial atau Generasi Y. Sejauh ini, Generasi Z dikenal sebagai karakter yang lebih tidak fokus dari milenial, tapi lebih serba-bisa; lebih particular person, lebih international, berpikiran lebih terbuka, lebih cepat terjun ke dunia kerja, lebih wirausahawan, dan tentu saja lebih ramah teknologi.Generasi X Dominasi Peran Kepemimpinan, Juara …
Dan berdasar karakteristik yang dimiliki, generasi milenial juga memiliki karakter tersendiri dalam memandang organisasi maupun perusahaan. Karena pasti akan banyak singgungan dan ketidakcocokan antara karyawan lama dengan baru yang notabene adalah para generasi millennials. Diakui bahwa generasi milenial sangat kreatif dan cepat belajar, hal ini tentu saja menjadi hal yang mendukung produktivitas perusahaan.
Sejauh ini mayoritas orang tua di Indonesia lebih mendukung agar anaknya menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan, dan pastinya didasarkan karena alasan-alasan tertentu. Karyawan yang muda-muda itu juga datang dan pergi dengan cepat. Senada dengan itu, Artistic Entrepreneur dan penulis buku, Yoris Sebastian, mengatakan salah satu perbedaan antara generasi milenial dengan generasi lainnya adalah mereka tumbuh di tengah pesatnya perkembangan era teknologi, konektivitas, dan informasi massa sehari-hari.
Teknologi memang sangat memengaruhi kehidupan manusia, baik dalam hal berkomunikasi hingga bekerja, tak terkecuali generasi milenial. Banyak milenial yang menganggap bahwa investasi hanya untuk orang kaya. Saat ini, lazimnya perusahaan menetapkan aturan 8 jam kerja bagi setiap karyawan dalam sehari. Menurut penelitian yang dilakukan Telsey, kaum milenial lebih bebas dalam menentukan pilihan, melek teknologi, menuntut kenyamanan pengalaman berinteraksi via digital dibandingkan generasi child boomers yang hanya berfokus pada pengalaman pelayanan konsumen saja.Generasi X Dominasi Peran Kepemimpinan, Juara …
Gaya hidup generasi milenial, dinilai menjadi faktor penghambat bagi mereka untuk membeli rumah. Selamat menguasai dunia, Generasi Milenial. Sosialisasikan secara jelas apa tujuan perusahaan kepada seluruh karyawan. Mirip dengan cara kerja media sosial, SKOR menjadi platform komunikasi antara manajemen dengan karyawan, juga antara sesama karyawan. Karena itu, ia mengakui generasi milenial paling mudah untuk diajak bekerja karena proses adaptasinya juga cepat.
Mengenai penjualan obat yang berlogo biru, obat tersebut tidak boleh dijual sembarangan, karena bisa disalahgunakan oleh penggunanya, namun kalau toko tersebut memiliki keinginan untuk menjual obat-obatan berlogo biru, pihak toko harus mempunyai seorang Apoteker ataupun Asisten Apoteker yang nantinya dapat memberikan pemahaman mengenai dosis ataupun penggunaan obat tersebut”jelas Soesi saat mengedukasi salah seorang karyawan ditoko trendy.
Ternyata, menurut survei areerBuilder, semakin banyak kelompok kelahiran tahun 1980 hingga 1994 yang populer disebut generasi milenial mengejar dan menjalankan pekerjaan sampingan atau aspect job. Namun, lanjut Hasan, pihaknya masih perlu bekeija sama dengan platform perdagangan elektronik agar semakin mudah merangkul investor dari generasi milenial yang lahir pada 1980-1999.
RIFAN FINANCINDO
Dalam kasus seorang karyawan muda yang dipanggil oleh supervisornya, seperti saya jelaskan secara singkat di tulisan sebelumnya juga, jika mengacu pada prinsip interplay, seharusnya sang manajer melakukan sebuah usaha turun ke lapangan sebelum memutuskan sebuah tindakan berdasarkan prinsip hierarki. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Health Affairs , generasi milenial, atau mereka yang lahir antara tahun 1985 hingga tahun 2002 memiliki kecenderungan 186% untuk menjadi perawat dibandingkan dengan child boomer.