Solusi Rupiah Harus Cepat!

Namun pasar sepertinya lebih menunggu langkah konkret pemerintah melalui kebijakan yang meningkatkan kepercayaan pasar. Dan masih banyak negara lain yang mengalami penurunan nilai mata uangnya terhadap dolar Amerika. 6. Pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah untuk tidak memungut pajak pertambahan nilai di galangan kapal untuk mengurangi impor kapal. 1. Keluarnya sebagian akbar investasi portofolio asing dari indonesia yang menurunkan nilai tukar rupiah karena dalam proses ini investor asing menukar rupiah dengan mata uang primer dunia, seperti dolar AS untuk diputar dan di investasikan di negara lain.
Secara elementary, kondisi ekonomi domestik pada 2016 juga diyakini lebih baik dibandingkan tahun 2015 ini sehingga diperkirakan fluktuasi rupiah masih cenderung relatif terjaga. Penurunan ini menunjukkan bahwa ada cadangan devisa yang digunakan oleh Pemerintah untuk mengantisipasi fluktuasi nilai tukar. Kedua, ialah neraca perdangangan Indonesia yang defisit, yakni nilai Ekspor Indonesia yang lebih kecil dari nilai Impornya.
ARTI NAMA RIFAN
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah berdampak luas terhadap perekonomian secara keseluruhan. Nilai rupiah dalam dolar AS terus tertekan. Menurutnya semua itu adalah bagian dari relaksasi bagaimana menjaga jangan sampai nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ini terdepresiasi terlalu dalam. Ia menjelaskan, dalam pilar pertama yaitu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di pasar domestik, BI akan melakukan intervensi di pasar forward.
Selain itu, dia juga meminta mewaspadai pelemahan nilai tukar rupiah yang terus men­dalam. Paket kebijakan Bank Indonesia tersebut akan bersinergi dengan paket kebijakan Pemerintah dalam mendukung prospek perekonomian Indonesia yang diyakini akan lebih baik ke depan. Dody menjelaskan, penyebab pelemahan rupiah adalah perbaikan information ekonomi AS, makin sengitnya perang dagang antara AS dan Cina, isu stabilitas geopolitik, serta ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga The Federal Reserve sebanyak tiga hingga empat kali tahun ini.upaya pemerintah mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah
Di sektor-sektor ini memang terjadi ledakan (increase) karena sebagian dipengaruhi oleh arus modal masuk tadi, tetapi sebaliknya kinerja ekspor yang selama ini menjadi andalan ekonomi nasional justru mengalami perlambatan, akibat apresiasi nilai tukar yang terjadi, antara lain, karena derasnya arus modal yang masuk itu. Hal ini bertujuan supaya sasaran pembangunan ekonomi seperti tercantum dalam rencana kerja pemerintah bisa tetap berjalan.
Nilai kekayaan di Asia Pasifik (termasuk China dan India) diperkirakan tumbuh 29% dalam lima tahun ke depan sehingga mencapai US$a hundred and fifteen triliun. Jangan hanya (pemerintah) mengatakan aman-aman saja tanpa melakukan tindakan-tindakan karena masalahnya bersifat struktural,” ujar Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian,danPengembangan Ekonomi (LP3E)Kadin Indonesia Didik J Rachbinidi Jakartakemarin.
Meski demikian, ada harapan agar pelemahan tersebut bisa tertahan dan katalis positif bisa berdatangan untuk mendukung penguatan rupiah. Pelaku pasar world cenderung memburu dollar AS, akibatnya mata uang lainnya, termasuk rupiah mengalami depresiasi. Mungkin saja AS cemburu karena Presiden Jokowi terlalu mesra dengan China sehingga Washington ikut-ikutan memperlemah rupiah di hadapan dolar AS.upaya pemerintah mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah
Orang- orang yang tak kalah beruntungnya pula ialah orang-orang yang memiliki tabungan dollar di bank, mereka sangat gembira dengan anjloknya nilai tukar rupiah betapa tidak mereka berbondong-bondong menukarkan dollar mereka ke mata uang rupiah agar jumlah uang mereka bertambah sungguh hal ini menjadi bahan pembicaraan banyak orang Sungguh sangat ironis di tengah himpitan ekonomi yang semakin merajalela ini.
Melalui jejaring media sosial, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk membeli produk Indonesia untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah. Gubernur Financial institution Indonesia (BI) Agus Martowardojo menjelaskan pelemahan rupiah ini terjadi karena faktor eksternal dan internal. Devaluasi adalah penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Dengan melihat latar belakang itu, sangat strategis bagi BI untuk menggiring kembali mata uang rupiah untuk terus menguat.
Jadi dalam sistem nilai tukar ini seharusnya tidak ada campur tangan pemerintah. Kami ingin membuat kebijakan terobosan yang implementatif sehingga bisa memperkuat rupiah. Dampak negatif penurunan nilai tukar adalah secara efektif akan menurunkan daya beli (permintaan) konsumen terutama masyarakat berpendapatan menengah dan rendah (miskin). Karena itu, logis jumlah dolar AS berkurang dan jumlah rupiah bertambah sehingga nilai tukar rupiah terhadap dolar akan turun.