September 2018 Deflasi Capai 0,18 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perekonomian Indonesia sepanjang Mei 2013 mengalami deflasi hingga 0,03%. Inflasi tertinggi dialami Tanjung Pandan, yakni sebesar 2,29 persen dan terendah di Sumenep, Kediri, dan Probolinggo sebesar zero,25 persen. Cabai - Peningkatan harga cabai di Manado karena pasokan di Sulut mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi sebesar 0,05 persen pada bulan Agustus, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 134,07.
Adapun deflasi disumbang oleh terjadinya penurunan harga pada sejumlah bahan makanan, biaya transportasi. Meski nilai tukar sempat alami pelemahan sebesar 0,2 persen hari ini, investor asing tercatat lakukan pembelian bersih (nett purchase) Rp 288,35 miliar. Adapun faktor penyebab inflasi inti pada Agustus 2018 dipengaruhi oleh peningkatan biaya pendidikan baik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang secara serentak mengalami inflasi seiring dengan siklus tahun ajaran baru.
Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan berdasarkan survei rutin diperkirakan kembali terjadi deflasi -zero,04 pada September 2018. Sementara sektor Migas justru mengalami defisit hingga US$ zero,eighty two miliar. Selain itu, direkomendasikan juga saham infrastruktur dan properti yang belum mengalami penguatan signifikan. Dengan hasil tersebut artinya penurunan inflasi Jateng lebih dalam dibandingkan nasional yang mengalami deflasi bulanan sebesar 0,24 persen.
Jakarta - Badan Pusat Statitik (BPS) mencatat, Indeks Harga Konsumen (IHK) di bulan Oktober 2015 kembali menunjukkan deflasi sebesar zero,08%. Berdasarkan pantauan bank sentral, cabai merah dan bawang merah mengalami inflasi. Sektor aneka industri dan infrastruktur yang masing-masing mengalami penguatan sebesar 30 poin (+2,86%) dan 21 poin (+2,09%) menjadi penopang utama pergerakan IHSG pada perdagangan akhir pekan lalu.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA TERBARU
Faisal Anwar menjelaskan, deflasi 0,06 persen pada Agustus 2018 terutama dipicu penyumbang deflasi antara lain, tarif angkutan udara sebesar zero,forty five persen, ikan teri zero, 11 persen, ikan layan zero,006 persen, jeruk nipis 0, 004 persen dan ikan cakalang zero, 004 persen. Dia menjelaskan, deflasi terjadi karena penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks beberapa kelompok pengeluaran, yaitu kelompok’‹ bahan pangan 1,09 persen.
Bandung - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat menyatakan selama bulan Januari terjadi deflasi pada gabungan tujuh kota di Jawa Barat. Deflasi di Kaltara terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada beberapa kelompok pengeluaran dengan perubahan terendah di kelompok transportasi dan komunikasi yang minus 5,sixty two persen. Pada Agustus 2018 terjadi deflasi perdesaan di Indonesia sebesar 0,32 persen, disebabkan oleh penurunan indeks kelompok bahan makanan yang cukup besar, sementara indeks kelompok penyusun indeks konsumsi rumah tangga (IKRT) lainnya naik.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi di pedesaan pada September 2018 lebih tinggi jika dibandingkan bulan sebelumnya. Jakarta -Sepanjang 2013 lalu, neraca perdagangan Indonesia tercatat mengalami defisit US$ 4,06 miliar. Untuk kelompok sandang berinflasi zero,03 persen dengan rincian sandang laki-laki tidak mengalami perubahan harga, sandang wanita naik zero,07 persen, sandang anak-anak naik 0,12 persen, sandang lain dan barang pribadi minus zero,19 persen.
Kepala BPS Sumenep, Syaiful Rahman mengungkapkan, dari tujuh kelompok pengeluaran, empat kelompok mengalami inflasi dan dua kelompok mengalami deflasi. Lebih lanjut menurut Suryamin, dari 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yang diamati, semua kota mengalami inflasi Inflasi yang tertinggi di Pangkal Pinang, Provisi Bangka Belitung sebesar 2,14%. Dia menjelaskan, dari eighty two kota IHK, 52 kota mengalami deflasi.
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memperkirakan, Inflasi pada bulan Januari 2015 akan sangat rendah, bahkan diprediksi bisa terjadi deflasi. Akibat dari letusan terakhir itu, sejumlah wilayah mengalami hujan pasir dan abu di antaranya Desa Tegalrandu, Sumber, Dukun, Ngadirojo, Banyubiru, Muntilan, Mungkid, Menayu, Kalibening dan Salaman.
Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, indeks harga konsumen (IHK) pada Oktober 2015 mengalami deflasi sebesar zero,08 persen. Pada pekan ini, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami perubahan sebesar 2,seventy seven% pada posisi 5.851,forty six dari 6.018,46 pada penutupan pekan lalu. Sedangkan subsektor hortikultura dan subsektor peternakan mengalami penurunan masing-masing sebesar zero,08 persen dan 1,forty two persen.