Semester I 2018, Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,17 Persen

Ia bahkan tidak percaya bisa melesat jauh hinga 5,27 persen. Ekonomi Indonesia semester I-2018 terhadap semester I-2017 tumbuh 5,17% (c-to-c). Menurut Mantan Direktur Pelaksana Financial institution Dunia ini, untuk mencapai pertumbuhan tersebut pemerintah akan tetap menjaga momentum ekonomi nasional. Pertumbuhan rumah tangga ini didorong oleh penjualan sepeda motor dan mobil penumpang yang masing-masing tumbuh 18,ninety six persen dan three,25 persen dibandingkan kuartal II 2017 yang terkontraksi 10,93 persen dan eleven,22 persen.
PT. RIFAN FINANCINDO
Bank Sentral menaikkan suku bunga untuk mengendalikan perekonomian dan mencegah kenaikan tajam inflasi yang bisa mengganggu pertumbuhan.Tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan membuat pemegang kartu kredit di Amerikamembayar tambahan bunga hingga 1,6 miliar tahun ini - demikian menurut pakar-pakar diPakar di situs yang melacak penggunaan kartu kredit mengatakan biaya yang lebih besar, yang diperkirakan akan mencapai tingkat tertinggi pada akhir tahun ini, akan membuat semakin sulit untuk membayar tagihan kartu kredit.
Tetapimembaiknya knowledge ekonomi tampaknya telah mendorong para pakar ekonomi untuk memutuskan bahwa kebijakan itu sudah tidak diperlukan akan menjadi peningkatan kecil suku bunga kedua dalam beberapa bulan, dan para analis akan memperhatikan dengan seksama pernyataan-pernyataan Financial institution Sentral untuk mengetahui isyarat seberapa cepat dan seberapa jauh kenaikan suku bunga tahun ini.
Kemudian dilanjutkan dengan Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) sebesar 6,01 persen, Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) sebesar four,ninety three persen, dan Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) sebesar 3,forty six persen. Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonomi Indonesia pada kuartal I-2018 memang masih tumbuh.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pada tahun ini pemerintah menargetkan penyaluran KUR ke sektor produktif mencapai sebesar forty persen dari complete penyaluran tahun lalu, realisasi KUR yang disalurkan ke sektor pertanian hanya sebesar sekitar Rp 20,68 triliun atau sekitar 22 persen dari whole penyaluran KUR sebesar Rp 94 triliun.
Kalau mau segitu, semester II harus (tumbuh) 5,7 persen. Terbukti dengan konsumsi swasta dan pemerintah yang lebih kuat, yang mengangkat pertumbuhan PDB riil Indonesia menjadi 5,3% pada kuartal kedua lalu. Tercatat pula, secara kuartal ke kuartal (QtoQ) pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh three,09 persen. Suhariyanto menjelaskan, selain turunnya harga komoditas, pertumbuhan ekonomi kuartal III juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian world yang menunjukkan perlambatan kecuali Amerika Serikat (AS).
Adapun pertumbuhan ekonomi kumulatif sampai dengan triwulan III-2018 (c-to-c) mencapai 5,48 persen (c-to-c), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun 2017 yang mencapai 5,fifty three persen. Kemudian pemerintah harus menggenjot investasi sebagai pelayanan dan penggerak ekonomi nasional agar ekonomi Indonesia tidak lagi bergantung pada konsumsi, tidak lain pemerintah harus menjadikan investasi sebagai pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi.2018, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,17
Pada Juni, impor keduanya turun 17 persen yang memberikan sinyal kondisi ekonomi pada semester II akan lamban, terutama dari sisi investasi. Ia menduga fenomena lesunya konsumsi domestik ini terjadi karena perubahan pola konsumsi dari masyarakat menengah atas atau adanya aktivitas ekonomi yang belum sepenuhnya terekam oleh BPS. Kepala BPS Ok. Suhariyanto mengatakan, pada triwulan II tahun 2018 itu, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Jasa Lainnya sebesar 9,22%, disusul Jasa Perusahaan eight,89%, dan Transportasi-Pergudangan sebesar eight,59%.
Secara umum, pertumbuhan ekonomi Jatim mengalami fluktuatif pada tahun 2014-2018. Menurut Tirta, konsistensi untuk mendorong percepatan realisasi belanja pemerintah akan membantu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi yang sempat lesu di awal tahun. Ia menyoroti tingkat konsumsi yang tumbuh kuat di level 5,14 persen. Delapan persen penyaluran kredit di Sumatera Barat juga ke sini, sekitar Rp 740 miliar,” kata Muliaman.Lebih lanjut dia mengatakan, kontribusi sektor pertanian ke produk domestik bruto (PDB) mencapai 15 persen atau tertinggi kedua setelah sektor pengolahan.Pertumbuhan Ekonomi RI Di Kuartal III 2018 Capai 5,17
Kelompok provinsi di Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB Indonesia, yakni sebesar fifty eight,61 persen, diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 21,54 persen, dan Pulau Kalimantan sebesar 8,05 persen,” ujarnya. Selain kategori industri pengolahan tembakau, kategori yang mampu tumbuh positif adalah kategori jasa lainnya sebesar 9,ninety nine persen, kategori informasi dan komunikasi 2,54 persen dan kategori jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 1,ninety six persen.