Sekilas Ke Masa Depan Industri Fintech

Makassar - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menilai, teknologi serta inovasi digital di sektor keuangan (fintech) berkembang signifikan, hingga mengubah landscape industri keuangan. Perhitungan indeks pembangunan inklusif tersebut berdasarkan tiga pilar, yaitu pertumbuhan indikator makroekonomi; indikator inklusi atau tingkat kesejahteraan dan penghasilan; dan kondisi keuangan masyarakat. Awal Juli nanti, persalan inklusi keuangan jadi perhatian Global Partnership for Financial Inclucion (GPFI) yang akan menggelar pertemuan di Arab Saudi pada 3-4 Juli, untuk membahas pentingnya penggunaan teknologi sebagai pendorong layanan keuangan digital.masa depan industri keuangan
Perbankan pun merasakan manfaat fintech yang semakin besar utamanya saat ini di area pembayaran dan pembiayaan. Untuk Layanan Keuangan Sektor Pemerintah, disini lebih banyak berperan Kemensos dan Bank Indonesia dimana Bank Indonesia melaksanakan perannya melalui sistem pembayaran,” tutur Darmin. Penghargaan ini adalah bentuk pengakuan atas keunggulan sebuah industri finansial, meliputi peluncuran dan penerapan inovasi dalam mengembangkan layanan untuk meningkatkan pengalaman finansial digital yang unik bagi penggunanya serta mencapai inklusi finansial.
Menurut Wamenkeu, salah satu kekuatan distribusi dalam ekonomi digital ini adalah fintech yang muncul sebagai terobosan. Setiap institusi keuangan pasti memiliki buku besar yang akan memastikan bahwa jumlah uang keluar masuk tercatat dengan benar. Ia mengutarakan, kehadiran perusahaan fintech bukan mengancam eksistensi perbankan, tapi saling melengkapi. Apalagi potensi di masyarakat Indonesia juga cukup besar sehingga memberi peluang bagi fintech.masa depan industri keuangan
Ketiga, meningkatkan daya saing industri keuangan berbasis teknologi Indonesia. Sedangkan dari aspek kemampuan kedua lembaga keuangan dalam menciptakan kredit dan uang, LKB memiliki kemampuan untuk menciptakan kredit, mengedarkan uang, dan menambah jumlah uang beredar, sedangkan LKBB menyalurkan dana kepada masyarakat melalui penyertaan modal atau membiayai investasi perusahaan.
Fujitsu meyakini akan perlunya hal ini dan inilah saat yang tepat bagi perusahaan untuk mengubah cara pandang mereka terhadap hal tersebut, sehingga mereka dapat cepat beradaptasi atas segala perubahan-perubahan yang terjadi dan sigap untuk menapaki transformasi digital di lingkungan bisnis mereka. Namun, pada akhirnya dapat memberikan lingkungan kerja sama dimana bank, pemain cepat teknologi dan pemain lain di industri keuangan dapat berkolaborasi dan memberi pelanggan mereka gambaran 360 derajat penuh atas semua data keuangan mereka.
Kami yakin sektor jasa keuangan mampu mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen. Secara umum dalam definisi itu disebutkan bahwa Fintech adalah sebuah bisnis yang menggunakan teknologi IT dalam memberikan jasa keuangan. Bila Fintech kita pisahkan maka ia terdiri dari dua suku kata yaitu Financial yang berarti keuangan; dan Technologyyang berarti Teknologi.
PT RIFAN FINANCE
Bank dan lembaga keuangan bukan bank akan memberikan pinjaman kepada pihak yang membutuhkan dana dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati. The emergence of Fintech has certainly changed the landscape of Islamic microfinance in reducing the cost and time to access financing as well as enabling Islamic microfinance to access formal funds either at the start-up stage or the early stages of growth.
Hingga saat ini, TPAKD Provinsi Jawa Barat telah mengimplementasikan beberapa program kerja diantaranya mendorong pembiayaan perbankan bagi petani kopi di Garut dan Puntang (Kabupaten Bandung), peningkatan penyaluran KUR TKI di Kabupaten Indramayu, peningkatan literasi dan inkluasi keuangan di Garut, dan perluasan akses pembiayaan terhadap usaha rintisan di Bandung,” kata dia.
Salah satu proyek utama R3 adalah pengembangan platform Corda mereka, dengan rencana masa depan untuk jaringan infrastruktur yang secara khusus diarahkan pada institusi keuangan untuk membangun aplikasi dan layanan berbasis buku besar mereka sendiri, yang menyiratkan bahwa bank-bank ini pada saat ini memiliki dan akan mengembangkan tim pengembang blockhain mereka sendiri.
Di dalam dunia digital dimana ancaman siber secara konstan berubah-ubah dan latar serangan yang semakin meluas, AI kini menjadi sebuah lawan yang tangguh bagi serangan siber karena kemampuannya untuk mendeteksi dan bertindak terhadap vektor ancaman berdasarkan pada data insight. Dari data DailySocial, sepanjang 2015-2016 tercatat ada 140 perusahaan pemain fintech di Indonesia, tumbuh hingga 78 persen dibanding dua tahun sebelumnya.