Rupiah Melemah, IHSG Berada Di Zona Merah

INILACOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika diprediksi terus melemah. Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah melemah ke posisi Rp14.224 per USD. Rupiah saat ini stabil kisaran Rp13.500 per dolar AS. Itu mustinya memberikan confidence untuk menurunkan suku bunga tengah pekan ini,” ujar Toni. Dampak lain sebagai negara net importir minyak, kata dia, pelemahan rupiah akan menaikkan biaya impor minyak. Secara lebih rinci, SBN berdenominasi rupiah adalah sebesar Rp 2.427 triliun dan SBN berdenominasi valuta asing (valas) Rp 979, 38 triliun.
INILAHCOM, Jakarta - Fraksi PDI Perjuangan melihat sepanjang 2015 rupiah telah melemah lebih dari 18% bila dibandingkan dengan kurs awal Januari 2015. Lalu, memperkuat pengelolaan likuiditas rupiah, melalui operasi pasar terbuka (OPT) guna mengalihkan likuiditas ke tenor yang lebih panjang, menyesuaikan frekuensi lelang foreign exchange (FX) swap dari dua kali sepekan menjadi satu kali sepekan.
Sebelumnya, pengamat ekonomi Tony Prasetiantono mengatakan kenaikan suku bunga acuan bisa menjadi upaya jangka pendek yang dilakukan bank sentral untuk menekan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. “Jangan alergi dengan menaikkan suku bunga karena ini bagian dari taktik jangka pendek,” kata Tony. Dody juga meminta masyarakat tidak panik dengan nilai rupiah yang melemah dan tidak melakukan tindakan membeli dolar secara berlebihan yang justru dapat memicu semakin sulit untuk mempertahankan nilai rupiah.
Bloomberg Dollar Index mencatat, Rupiah pada perdagangan Spot Exchange Rate di pasar Asia menguat 95,5 poin atau 0,73 persen ke Rp13.036 per USD. Investor di pasar saham sebagian besar adalah investor asing sehingga mengkonversi hasil dividen rupiah ke dalam mata uang dolar AS. Jika rupiah masih tertekan terhadap dollar AS, maka ada kecenderungan indeks tertekan.
Enggan Berada Di Inggris, Unilever Pindahkan Kantor Pusat Ke Belanda
Selain itu, lanjutnya, pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap USD yang diakibatkan oleh keluarnya modal asing dan defisit neraca perdagangan juga menjadi pertimbangan BI untuk menahan 7-Days Repo Rate. Sebagian besar utang Indonesia saat ini dalam bentuk rupiah dan dimiliki oleh investor domestik. Sinyal penundaan kenaikan suku bunga The Fed menguntungkan rupiah.
Adanya rilis survei penjualan eceran Bank Indonesia yang mengindikasikan peningkatan pertumbuhan pada Maret 2018, didukung oleh kelompok suku cadang dan aksesori serta kelompok makanan, minuman dan tembakau yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh 2,5% yoy, meningkat dari 1,5% yoy pada bulan sebelumnya serta rilis Ekonomi Indonesia di kuartal I-2018 tumbuh 5,06% yoy yang meningkat dibanding pencapaian kuartal I-2017 sebesar 5,01% tidak cukup kuat mengangkat rupiah.
Unilever Indonesia Berhasil Cetak Laba Rp7 Triliun, Naik 9,6%
Tak hanya dana keluar, kebijakan ini juga akan berdampak pada stabilitas nilai tukar rupiah. JAKARTA - Nilai dolar terus melemah hingga tembus Rp14.085, Pemerintah diminta mengambil langkah kongkret untuk mengatasinya. Investor di pasar saham sebagian besar ialah investor asing sehingga mengkonversi hasil dividen rupiah ke dalam mata uang dolar AS. Menurutnya level rupiah ditentukan oleh mekanisme pasar sepenuhnya dan pelemahan nilai tukar rupiah tersebut disebabkan oleh faktor eksternal, sehingga bukan karena kondisi ekonomi di dalam negeri sedang melemah.
Dody mengatakan hal terpenting yang bisa dilakukan saat ini menjaga sentimen dan keyakinan para pelaku pasar agar rupiah tidak bergejolak terlalu dalam. Dalam catatan saya, selama periode pemerintahan Presiden Joko Widodo, mulai dari kuartal empat 2014 hingga kini, rupiah sudah terdepresiasi sebesar 13 persen. Di satu sisi, Rupiah akan menguat jika data-data ekonomi dalam negeri bagus maupun adanya stimulus dari pemerintah, seperti paket kebijakan ekonomi yang sudah diluncurkan hingga 12 paket.
Menurut Sri Mulyani, sebenarnya bukan hanya rupiah saja yang terus dipantau pergerakannya oleh pemerintah, melainkan juga inflasi dan harga minyak dunia. NUSANEWS - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akhirnya menembus level baru, yakni di Rp14.202 per USD. Image caption Rabu sore, kurs rupiah ditutup di level Rp14.080 per dolar AS, level terdalam sejak dua tahun lalu.
RIFAN FINANCINDO - Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
Untuk mengantisipasi tingginya risiko fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menyempurnakan 3 Peraturan BI (PBI) terkait transaksi valas terhadap rupiah dan Posisi Devisa Neto (PDN) bank umum. Portofolio korporasi saja cuma 20%, di dalamnya banyak rupiah, LDR valas baru 60%,” katanya. Pelemahan rupiah justru terjadi setelah krisis finansial berakhir dan mata uang negara-negara barat mulai pulih.