Rupiah Anjlok, Ini Permintaan Pengusaha Ke Pemerintah

JAKARTA - Meskipun mata uang rupiah sempat tertekan oleh Dolar AS, krisis ekonomi seperti tahun 1998 diyakini tidak akan terjadi. Jadi ketika mata uang rupiah terdepresiasi sekitar 15 ribu, ekspor meningkat sangat cepat dan signifikan itulah sebabnya para petani di luar pulau jawa sangat senang. Indikator ekonomi yang dinilai Lagarde sangat baik tersebut di antaranya adalah nilai produk domestik bruto yang naik dua kali lipat, menurunnya kemiskinan menjadi 11 persen, inflasi terkendali, hingga mata uang rupiah yang relatif kuat.
RIFAN
Sejak berdirirnya orde baru tahun 1966-1998, terjadi krisis rupiah pada pertengahan tahun 1997 yang berkembang menjadi suatu krisis ekonomi yang besar. Hal ini membuat pelaku asing kembali masuk dan mendorong rupiah terangkat dari stage terlemah saat itu. Dengan modal itu, ditambah relasi bisnisnya yang sudah sedemikian luas. Bersedia melepas dollarnya untuk menguatkan kembali nilai rupiah.
Menko Perekonomian Sofyan Djalil misalnya, beberapa waktu lalu, ketika rupiah berada di stage Rp13.500 per US$1, mengatakan, tidak perlu mengaitkan kenaikan ini dengan situasi tahun 1998. Namun, kekhawatiran akan memburuknya nilai tukar Rupiah terhadap US Dolar tidak perlu dikhawatirkan mengingat nilai tukar US Dolar juga masih sangat murah dibandingkan dengan pergerakan mata uang lainnya.
Setiap orang yang memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dipidana dengan pidana paling lama four (empat) tahun atau pidana denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah). Nilai tukar dolar terhadap rupiah yang meroket akan meningkatkan daya jual. DALAM DISKUSI tentang RAPBN 2019 di Media Centre DPR-RI di hadapan puluhan wartawan berbagai media elektronik dan cetak, pada 25 September 2018 saya menyampaikan nilai tukar rupiah akan tembus di atas Rp15.000 per USD1.
Bila rupiah sampai terpuruk pada angka Rp14.four hundred, berarti kondisi ini sama seperti pada 2015 lalu, dan angka ini terburuk sejak terjadinya krisisi ekonomi 1998. Walaupun kondisi ekonomi Indonesia masih terbilang aman, namun perlu kewaspadaan karena nilai tukar rupiah saat ini mencapai Rp14.000 per dolar AS. Jika anda ikut ikutan memborong greenback, maka harga dollar akan semakin tinggi dan rupiah semakin terpuruk.
Kondisi demikian dapat diantisipasi jika pasokan valuta asing utamanya dolar memadai di dalam negeri. Drpd nukar rupiah dengan mata uang negara lain, gunain rupiah buat usaha mikro, dr mikro jadiin usaha makro, sampe ekspor, lebih ekonomis nukar produk dengan dollar drpd nukar rupiah dengan dollar. Persoalan gula rafinasi memang sarat dengan berbagai kepentingan dan menyangkut uang triliunan rupiah.
Bahkan, nilai tukar rupiah atau kurs Euro terhadap dolar Amerika Serikat (AS) turun ke tingkat terendah dalam 20 bulan terakhir. Pemerintah tidak pernah menganggap depresiasi rupiah tidak serius,” tegas Denni. Hal itu diukur dari presentase depresiasi atau pelemahan kurs rupiah, cadangan devisa, pertumbuhan ekonomi, inflasi, kemiskinan, dan pengelolaan utang luar negeri.
Pada 14 Agustus 1997, Pemerintah RI mengganti kebijakan pertukaran mengambang teratur dengan pertukaran mengambang bebas, akibatnya Rupiah terperosok semakin dalam. Akan tetapi, Sri Mulyani berkali-kali menjelaskan, bahwa pelemahan Rupiah tidak akan membuat ekonomi negara kita terpuruk.Tetapi, yang namanya Politik harus memanfaatkan sekecil apapun peluang untuk menyerang lawan politik, itu hal lumrah dalam negara demokrasi.
Analis PT Financial institution Saudara Tbk, Rully Nova menuturkan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS ini didorong sentimen eksternal dan inside. Imbas terapresiasinya dolar AS sendiri sebelumnya masih dirasakan Rupiah yang masih cenderung melemah. JAKARTA - Upaya Financial institution Indonesia menjaga mata uang agar tidak melemah terlalu tajam mampu memicu penguatan rupiah di pengujung 2012.
Kelengahan kita yang telah membuat ketergantungan terhadap bangsa asing sehingga rupiah bisa terpuruk sewaktu-waktu. Sehingga permintaan akan dolar lebih banyak dibanding permintaan akan rupiah seperti halnya dalam hukum permintaan dan penawaran dimana ketika penawaran tetap dan permintaan naik maka akan pula menaikkan nilai dari barang tersebut. Industri makanan dan minuman, terutama yang berskala kecil, sudah mulai mengalami kesulitan akibat pelemahan nilai tukar rupiah.