Rilis Data Ekonomi Jadi Pemanis Laju IHSG

JAKARTA, TheAAJournal- Indeks harga saham gabungan (IHSG) berakhir positif pada Kamis dan Jumat kemarin, setelah tertekan akibat pelemahan ekonomi China dan kehati-hatian pasar menjelang pengumuman Federal Reserve pada Kamis malam. WASHINGTON - Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Ben Bernanke akan menawarkan opsi yang segar dari melemahnya ekonomi. Analis Riset Panin Sekurtias Purwoko Sartono mengatakan pelemahan IHSG dipengaruhi oleh sepinya transaksi perdagangan pada indeks serta pelemahan pada sektor komoditas menyusul turunnya harga minyak. Adapun, saham-saham yang mengalami penurunan adalah BMRI turun Rp50 menjadi Rp4.575, BUMI turun Rp50 menjadi Rp2.500, GGRM turun Rp350 menjadi Rp18.150, BNBR turun Rp4 menjadi Rp97, dan ISAT turun Rp50 menjadi Rp4.950.
BP Tapera Disiapkan, Tugas Bapertarum
NEW YORK - Pasar saham Amerika Serikat (AS) berakhir dengan flat setelah bank sentral AS, the Fed menuturkan bakal memacu ekonomi. Lalu China, sebagai motor ekonomi Asia, tentu apa yang terjadi di China akan berpengaruh signifikan ke negara-negara Asia lainnya. Selain itu, lanjut Gina, indeks global juga mendapat angin segar dari data kepercayaan konsumen di Inggris yang tetap mendekati level tertinggi 1,5 tahun pada November terkait pembeli yang sangat mengharapkan prospek ekonomi di 2010.
Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 0,22% atau 11,71 poin ke level 5.390,68 setelah dibuka menguat 0,23% atau 12,53 poin di posisi 5.414,91. Para analis menilai, jika perusahaan raksasa otomotif Amerika General Motor (GM) sampai mengalami kebangkrutan, dampaknya akan lebih menyakitkan, baik bagi perusahaan maupun perekonomian AS. Tidak seperti kebangkrutan yang dialami sang rival, Chrysler beberapa minggu lalu.
BP Tapera Disiapkan, Tugas Bapertarum
Harga saham APLN melaju 3,1% ke level Rp 335 per saham hingga pukul 11.07 di Jakarta. Kebijakan BI ini sesuai dengan ekspektasi pasar sehingga menjadi sentimen yang membuat indeks menembus level 2.500. Hanya di serahkan ke polisi atau dipajang di depan stasiun, menjadi tontonan penumpang krl, menjadi objek foto yang dan diposting ke media sosial. , Jakarta - Ekonomi emerging-market berkembang hampir tiga kali sehingga perlu untuk mempercepat pemotongan belanja dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi ketika mereka dihadapkan terhadap masalah inflasi dan overheating.
IHSG mencatat penguatan tertinggi sejak September 2008 dengan menerobos level psikologis 2.000-an. Tingginya tingkat pengangguran, permintaan domestik yang lemah, hutang yang membengkak dan sektor properti yang masih rawan akan membuat pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat cenderung tertekan. Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia pada perdagangan Rabu ditutup di level 2.481,297, atau turun tipis 2,595 poin atau 0,1 persen dari posisi sehari sebelumnya di 2.483,892.
Sementara itu, positifnya EIDO dan ekspektasi lebih stabilnya harga minyak seiring perpanjangan pemangkasan produksi oleh OPEC juga berpotensi menopang laju penguatan IHSG. Foto: Indro-detikFinance Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan ini bergerak menguat spektakuler. Banjir besar ini menyebabkan aliran listrik terputus dan komunikasi menjadi terhambat.
PT RIFANFINANCINDO - Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
Sementara, beberapa saham yang melemah adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM) menyusut Rp250 menjadi Rp66.750, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) kehilangan Rp175 menjadi Rp13.300 serta PT Prodia Widyahusada Tbk. Beijing (ANTARA News) - China telah menerbitkan daftar berisi 13.000 orang korban pembantaian massal di Nanjing yang terjadi pada tahun 1937. Desember 2009 ini, tampaknya, akan menjadi akhir tahun yang paling buruk bagi bursa saham.
SINGAPURA - Bank Dunia mengkhawatirkan kenaikan tingkat suku bunga yang cepat bisa memicu tingginya inflasi dan memperlambat pemulihan ekonomi terutama di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Bila dibandingkan dengan kenaikan yang terjadi pada bursa saham Singapura, Jepang, China dan Hongkong, kenaikan bursa saham Indonesia memang sangat signifikan, sehingga wajar apabila IHSG terkoreksi cukup dalam walaupun tidak ada sentimen negatif yang muncul.
Alhasil, laba kotornya melesat dari Rp 474 miliar menjadi Rp 782,94 miliar. Juga penduduk Pasar Ikan, mereka datang bukan karena Ahok (keturunan) China, juga bukan karena Ahok melakukan penistaan. Bahkan, dia mengakui, sentimen bakal diumumkannya laju inflasi Agustus pada Rabu, 1 September 2010 diprediksi naik dari bulan sebelumnya sepertinya tidak terlalu direspons negatif pelaku pasar.
Pelemahan sebagian besar saham-saham sektor perbankan menjelang keluarnya data inflasi bulan agustus menjadi salah satu pemicu pelemahan indeks. Kata Sri Mulyani, pemerintah akan konsisten melaksanakan kebijakan fiskal yang tepat untuk menjaga fundamental ekonomi Indonesia. TOKYO - Perekonomian Jepang tinggal selangkah lagi menyalip China. Indikator ekonomi di Perancis dan Jepang menunjukkan harapan pemulihan yang makin kuat.