Peranan Sektor Pertanian Dan Sektor Industri Terhadap Perekonomian Di Indonesia

Sektor pertanian di negara-negara yang sedang berkembang (growing country) peranannya sangat besar sekali karena merupakan matapencaharian pokok sebagian besar penduduknya. Knowledge dari kajian akademis yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air, Kementerian Pertanian pada tahun 2006 memperlihatkan bahwa complete luas daratan Indonesia adalah sebesar 192 juta ha, terbagi atas 123 juta ha (64,6 persen) merupakan kawasan budidaya dan sixty seven juta ha sisanya (35,4 persen) merupakan kawasan lindung.
Apabila dilihat dari potensi-potensi yang ada, seharusnya Indonesia sangat mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan bangsa Indonesia sendiri dan bahkan juga mampu untuk mengekspor ke negara lain sehingga dapat membuat negara kita lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik. Permasalahan sektor pertanian kian hangat dibicarakan. 4. Sektor pertanian memiliki karakteristik yang unik khususnya dalam hal ketahanan sektor ini terhadap guncangan struktural dari perekonomian makro.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA
Upaya-upaya peningkatan pendapatan petani dari usahatani yang diusahakan perlu ditambahkan dengan pendapatan yang dapat diperoleh dari usaha atau bekerja di luar usahatani atau di luar pertanian. B) Pertanian berperan sebagai sumber penting bagi pertumbuhan permintaan domestik bagi produk-produk dari sektor-sektor lainnya. Di mana pun di dunia ada pola bahwa peran pertanian dalam perkonomian nasional akan semakin menurun dan ada pergerakan angkatan kerja dari pertanian ke sektor industri dan jasa.
Data ini juga menunjukkan peran penting dari sektor pertanian sebagai sektor tempat mayoritas tenaga kerja Indonesia memperoleh penghasilan untuk hidup. Sebagai contoh, mengingat pembangunan besar-besaran terjadi di perkotaan adapun masyarakat mayoritas berdomisili di pedeaan yang merupakan sumber sektor pertanian. Dalam sektor inilah, perusahaan Medtech telah unjuk gigi di tahun 2012.
Keempat adalah melakukan revitalisasi berbagai sarana pendukung sektor pertanian, dan pembukaan lahan baru sebagai tempat yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia. 3.1.three Sektor pertanian di Indonesia banyak sekali kendala atau faktor yang menjadi penghambat dalam pengembangan sektor pertanian. Pembangunan yang berlangsung selama ini ternyata memang belum berhasil mengangkat petani dan pertanian kepada posisi yang seharusnya.peranan sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja
Sektor pertanian sudah menjadi salah satu komponen pembangunan nasional dalam menuju swasembada pangan untuk memberantas kemiskinan. Padahal, sektor swasta memegang peran penting dalam pengembangan pertanian pangan. Namun, negara maju yang sudah menjadi negara industri, yang memiliki jumlah petani dan kontribusi pertanian yang kecil ternyata juga ikut membela dengan serius sektor pertaniannya.sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi
Ulfah uzzam, Fatimah., 2011, Analisis Faktor-Fktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi di Kabupaten Solok, Skirsi, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang. Contoh Koperasi Produksi antara lain koperasi peternakan sapi, koperasi pengusaha tahu dan tempe, koperasi pengusaha batik, dan koperasi pertanian. 1Dengan laju pertumbuhan penduduk 1,3 sampai 1,5 persen, sementara luas lahan pertanian tidak mengalami penambahan, dikhawatirkan pada 2017 nanti krisis pangan akan melanda negara ini.
Banyak kelompok masyarakat di negara berkembang memiliki banyak sumber daya tertentu tapi miskin keahlian dan peralatan impor. Kemampuan Indonesia meningkatkan produksi pertanian untuk swasembada dalam penyediaan pangan sangat ditentukan oleh banyak faktor eksternal maupun inside. Namun demikian, kondisi ini akan diperparah lagi dengan munculnya berbagai peraturan daerah dan pungutan di daerah-daerah yang dilintasi produk pertanian tersebut dengan alasan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
5. Perbaikan infrastruktur pertanian dan peningkatan teknologi tepat guna yang berwawasan pada konteks kearifan lokal serta pemanfaatan secara maksimal hasil-hasil penelitian ilmuwan lokal. Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, dengan jumlah angkatan kerja nasional eighty two juta jiwa pada tahun 1994 (BPS, 1996) sekitar 46 persen diserap oleh subsektor pertanian primer.
Kondisi tersebut menunjukan betapa pentingnya meningkatkan kualitas sektor pertanian Indonesia. PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR MELALUI PENDEKATAN PENATAAN RUANG. Peran sektor pertanian lain yang juga sangat penting adalah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi daerah. 2. Pembenahan sektor riil untuk mampu menyerap tambahan angkatan kerja dan menciptakan lapangan kerja baru.