Pemerintah Minta Koperasi Dan UKM Memanfaatkan Internet Untuk Memperluas Pasar

Ketua Umum Perindo, Hari Tanoesudibyo, mengakui Indonesia memiliki peluang yang besar untuk lebih maju. Dan menjadi tugas kami, tugas pemerintah, untuk mengurangi beban-beban yang menghambat dunia bisnis, regulasi serta perizinan yang berlebihan dan menghambat, dan mengurangi korupsi,” Presiden menegaskan. Ia pun membuka kesempatan seluas-luasnya kepada negara-negara IORA untuk bermitra dengan Indonesia sekaligus membawa kemakmuran di kawasan Samudra Hindia. Para pemimpin negara-negara anggota ASEAN menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-27 ASEAN yang berlangsung pada 21-22 November 2015 di Kuala Lumpur Convention Middle (KLCC) Malaysia.
Keberanian dalam mengambil risiko bisnis yang terukur menjadi modal awal dari seorang pengusaha. Pemerintah daerah diberikan kebebasan sepenuhnya untuk mengelola daerahnya. Michael, yang mendapat beasiswa sejak SMA hingga kuliah di Korea Selatan, menolak tawaran kerja di salah satu perusahaan besar di sana untuk membalas hutangnya kepada negara. Sektor-sektor tersebut pada era MEA akan terimplementasi dalam bentuk pembebasan arus barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja.
Di seluruh dunia, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital telah mengubah tatanan bisnis, pemerintah dan masyarakat, di mana kini berbagai layanan, pekerjaan, dan kegiatan sosial dan pendidikan tersedia on-line. Agus kembali menegaskan bahwa potensi koperasi di daerah sangat tinggi serta merupakan budaya bisnis dan budaya bangsa Indonesia, yaitu gotong royong yang harus diperjuangkan.
RIFAN FINANCINDO
Seorang entrepreneur di bidang agribisnis dituntut untuk menjadi peka dan menciptkan pekerjaan yang menjawab permasalahan yang dihadapi oleh bidang pertanian. Kemajuan tekhnologi dan perindustrian juga turut menyokong mudahnya memiliki bisnis di usia muda. Selain faktor suku bunga simpanan yang rendah, kinerja emiten yang baik menjadi daya pikat investor masuk ke pasar saham.
Dan, pasti tetap bisa jadi negara maju, karena didukung sumber daya alam dan komoditas berlimpah, serta pasar yang besar. Sebagai Negara dengan jumlah penduduk terbesar (40%) diantara Negara Anggota ASEAN, Indonesia diharapkan akan mampu menarik investor ke dalam negeri dan mendapat peluang ekonomi yang lebih besar dari Negara Anggota ASEAN lainnya. Akhir-akhir ini para pelaku usaha khususnya yang bergerak di sektor industri petrokimia hulu, baja, tekstil dan produk tekstil, alas kaki serta elektronik, menyampaikan kekhawatirannya dengan masuknya produk-produk sejenis dari China dengan harga yang relative lebih murah dari produksi dalam negeri (Media Indonesia, 26 Nopember 2009).
Integrasi ekonomi dalam mewujudkan MEA 2015 melalui pembukaan dan pembentukan pasar yang lebih besar, dorongan peningkatan efisiensi dan daya saing, serta pembukaan peluang penyerapan tenaga kerja di kawasan ASEAN, akan meningkatkan kesejahteraan seluruh negara di kawasan. Saat ini banyak pelaku usaha kita yang bisa masuk ke kancah internasional, tentunya akan menguntungkan pemerintah karena memberikan pemasukan kepada negara.
Palu, - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia mendorong pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah memanfaatkan peluang pariwisata berbasis Assembly, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). Liberalisasi perdagangan barang ASEAN akan menjamin kelancaran arus barang untuk pasokan bahan baku maupun bahan jadi di kawasan ASEAN karena hambatan tarif dan non-tarif yang berarti sudah tidak ada lagi.
Kisah lainnya dikemukakan Andreas Santo Pen, senior bussiness guide dalam program kerja sama pemerintah Australia dan Indonesia di bidang pertanian ini ajeg pada pilihannya membantu petani. Untuk itu ia juga mengharapkan pemerintah melakukan komunikasi intensif dengan Pemerintah AS. Khususnya untuk Sulteng sebagai nagian wilayah Indonesia yang lokasinya tepat ditengah, dipandang memiliki posisi yang strategis.
Kegiatan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi para pengusaha, khususnya pengusaha pemula yang ingin terjun di industri waralaba. Demikian pula dengan pembenahan masa tunggu bongkar muat barang di pelabuhan (dwelling time) dan penangkapan kapal-kapal yang melakukan pencurian ikan (ilegal fishing), pemerintah menganggapnya sebagai prestasi kerja di bidang maritim.
Dalam RTD yang menghadirkan pembicara antara lain ekonom Faisal Basri, Ketua Umum Gaikindo Johanes Nangoi, Wakil Ketua Umum HIMKI Sobur dan Heru Santoso Sekjen Gabel, Eiichi Abe President Direktur PT Indonesia Epson Industry itu terungkap bahwa agenda pembangunan industri saat ini masuk dalam titik krusial agar Indonesia bisa masuk dalam kelompok negara berdaya saing tangguh.