Nilai Kearifan Lokal Dan Modal Sosial Dalam Pemberdayaan

Bisnissyariah - Sepanjang 2018, pendanaan dari pasar modal mencatatkan kinerja positif. Dengan berjalannya strategi pembiayaan dengan model financing inventive diharapkan pengembangan infrastruktur dapat semakin masif lagi, dan kita tentunya kita tentunya berharap dengan percepatan pembangunan infrastruktur seluruh wilayah di Indonesia akan semakin terintegrasi secara ekonomi, sehingga biaya logistik di Indonesia dapat diturunkan, regional ekonomi dapat berkembang secara adil, disparitas harga dapat ditekan, sekaligus menaikkan daya saing ekonomi Indonesia.
Untuk dapat melakukan modernisasi industri dan mempercepat program industrialisasi di Indonesia, maka diperlukan sumber permodalan atau pembiayaan untuk proyek-proyek jangka panjang di sektor-sektor prioritas, termasuk modal atau pembiayaan untuk penyediaan infrastruktur. Pada dasarnya disaat kondisi pasar yang tengah melambat seperti sekarang ini, sejatinya masyarakat bukan menghidari untuk berinvestasi, tetapi saatnya untuk membeli properti, lantaran harganya yang secara umum akan terkoreksi.
Menurut Nurhaida, sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya OJK untuk secara aktif melakukan program pendalaman pasar keuangan, percepatan akses keuangan daerah, serta pengembangan sektor kelautan dan perikanan. Demikian pula indikator Protokol Manajemen Krisis di sektor jasa keuangan berada pada stage normal, dengan permodalan dan likuiditas lembaga jasa keuangan yang masih memadai dengan tingkat risiko yang terjaga.
Pasar uang dikenal sebagai pasar yang menyediak sarana peminjaman dana dalam jangka pendek (jatuh tempo kurang atau sama dengan satu tahun). Mulai dari instrumen konvensional seperti saham dan obligasi, hingga berbagai instrumen investasi seperti dana investasi infrastruktur berbentuk kontrak investasi kolektif (KIK), efek beragun aset (EBA). Selain itu, pemanfaatan pasar modal sebagai alternatif sumber pembiayaan jangka panjang baik untuk pembiayaan infrastruktur, investasi swasta maupun pembiayaan program-program strategis pemerintah lainnya terus mengalami peningkatan.
PT REFUND
Ia mengusulkan kepada Direktorat Jenderal Pajak untuk merelaksasi pajak beberapa instrumen investasi di pasar modal dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur sehingga diminati investor baik asing maupun domestik. Ada pula pelaku pasar modal seperti perusahaan efek. Nurhaida menjelaskan, jika pasar modal dapat berkembang signifikan, kebutuhan dana dapat diharapkan dari pasar modal.
Dalam meningkatkan basis investor ritel, OJK memberikan prioritas dalam peningkatan literasi keuangan masyarakat, sehingga masyarakat akan semakin memahami produk dan layanan jasa keuangan dan kemudian tergerak untuk memanfaatkannya, termasuk produk-produk di pasar modal. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pengumpulan dana melalui pasar modal sudah menjadi paradigma baru dalam penghimpunan dana dan sudah menjadi terobosan di negara-negara berkembang.
Sugeng Wahyudi, Perkembangan dan Prospek Pasar Modal di Indonesia, Jakarta: Djambaan, 2008. Wimboh menegaskan, OJK mendukung penuh semua program dan kebijakan pemerintah, termasuk pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas. 1. Mengembangkan variabilitas instrumen pembiayaan pasar modal seperti sekuritisasi, obligasi perpetual, greenbonds, obligasi daerah, dan blended finance.
Tak ayal, komitmen pemerintah untuk berpihak anggaran negara pada sektor infrastruktur cukup besar. OJK juga menetapkan kebijakan yang memungkinkan pembiayaan infrastruktur dapat dioptimalisasi melalui pemanfaatan beberapa instrumen yang telah ada. Pemerintah juga telah menerbitkan berbagai produk keuangan inovatif untuk infrastruktur. Saat ini OJK tengah fokus melaksanakan pendalaman di sektor jasa keuangan khususnya di pasar modal dengan berbagai kebijakan di sisi demand, supply dan infrastruktur.
Muhaimin mengatakan, PKB memandang Indonesia seharusnya bisa memimpin dan menjadi pusat keuangan syariah dunia karena memiliki penduduk muslim terbesar. Dalam peta jalan pasar modal syariah 2015-2019 yang diterbitkan OJK disebutkan, beberapa hal yang merupakan strategi utama pengembangan pasar modal syariah adalah penguatan pengaturan, peningkatan, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi informasi, promosi dan edukasi, serta sinergi kebijakan dengan pihak terkait.
Untuk sektor Pasar modal, OJK memiliki visi untuk menjadikan pasar modal syariah berkontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasional dan melindungi kepentingan publik. Upaya-upaya tersebut akan dilengkapi dengan kebijakan meningkatkan sinergi antara pasar modal dengan sektor jasa keuangan lainnya, penguatan infrastruktur pasar modal, penerapan manajemen risiko dan tata kelola yang baik.