Melatih Diri Untuk Berwirausaha Bagi Pemuda Pelopor Pembangunan Pedesaan

Pada tahun 2012, WHO melaporkan bahwa di seluruh dunia diperkirakan 35,6 juta orang hidup dengan demensia atau pikun. Entreprenership adalah sebuah perjalanan (journeys), setelah tertanamnya kultur kewirausahaan, perjalanan kewirausahaan akan diteruskan dengan adanya kesadaran (awareness) tentang pentingnya kewirausahaan; terbentuknya embrio wirausaha (nascent entrepreneurs) yang secara sadar berani mencoba-coba usaha bisnisnya sesuai minat, bakat, dan potensi mereka; dan tekad dan motion untuk menjadi begin-up entrepreneurs dengan segala risiko yang sudah dipertimbangan, lalu secara bertahap tumbuh dan berkembang (scaling up).
Seseorang wirausahawan yang mempunyai konsep diri, dapat menilai dirinya sendiri dalam menjalankan peranan bisnis dan kontribusi yang dapat dia berikan baik dari sisi profit orientait dan social orientait kepada para konsumennya dan masyarakat pada umumnya. Mengutip pendapat sosiolog David Mc Celland, suatu negara bisa menjadi makmur manakala memiliki sedikitnya dua persen entrepreuneur (wirausahawan) dari jumlah penduduk.
Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarannya kegiatan ini, sebagai wahana untuk terus mengenalkan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat luas, khususnya di Provinsi Lampung dan pemangku kepentingan, serta sebagai upayakan merealisasikan arahan Kementrian Sosial R.I bahwasannya pada Agustus 2017 ini penyaluran bantuan sosial non tunai PKH dapat segera dituntaskan.
Wira Usaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengajar peluang, merupakan sifat psychological dan sifat jiwa yang selalu aktif, dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan, bus tersebut bantuan dari pemerintah pusat yang akan diserahterimakan pada four Agustus 2018 mendatang.
Melalui tema ini, Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat bisa bersatu padu dan bersinergi untuk menggelorakan kembali Gerakan Ayo Olahraga” agar olahraga menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat di kota dan di desa,” pinta Cak Imam. Tidak hanya pelaku UMKM, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan delicate-skill pengusaha pemula dan para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.
RIFAN BERJANGKA
DETIKSPORT Sabtu 04 Agustus 2018, 12:43 WIB Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Palembang. Hal ini yang mendasari pentingnya upaya untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Kita meyakini banyak anak-anak muda yang berminat berwirausaha, namun mereka tidak berani melakukannya karena tidak ada yang membimbing, memotivasi, atau ketiadaan modal usaha.
Proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program petani muda wirausaha dilaksanakan dengan mengikutsertakan petani muda wirausaha sebagai pelaku utama dan pelaku usaha serta penerima manfaat program pembangunan pertanian. Wajib pajak tidak perlu lagi antri di loket Bank Lampung, tapi cukup memperlihatkan struk atau print out bukti pembayaran dari ATM untuk ditukarkan dengan notice pajak.
Salah satu kesungguhan perguruan tinggi dalam mewujudkan mahasiswanya untuk menjadi seorang entreprenuer adalah perlu membentuk beberapa unit usaha yang dikelola oleh mahasiswa, apapun jenis usahanya tentunya harus sesuai dengan kesepakatan antara mahasiswa dengan institusi kampus. Menurut dia, hal itu dimungkinkan karena tahun ini jumlah peserta dan keragaman produk maupun kegiatan seperti klinik dan bursa jauh lebih banyak.
Kesadaran berwirausaha, antusiasme yang tinggi dari para pemuda, serta banyaknya warga Indonesia yang masih berada di bawah garis kemiskinan, seyogyanya mendapat perhatian serius dari kita semua. Lampung - Ketua DPD IPSPI Hari Setiadi, MPSSp mengungkapkan bahwa sampai saat ini Provinsi Lampung baru memiliki 15 Peksos tersertifikasi. Serta meningkatnya jumlah peserta yang memiliki kemampuan menyusun rencana usaha dan bisnisnya, kemudian meningkatkan kapasitas dan kualitas wirausaha muda pemula,” katanya.
Investasi tersebut terwujud melalui pembentukan budaya entrepreneurship atau kewirausahaan di kalangan muda. Dia menambahkan, menumbuhkanpemuda wirausaha sangat penting sebagai bagian dari upaya memanfaatkan bonus demografi. Sedangkan dengan kegiatan ekstrakurikuler, maka diharapkan dapat menanamkan sikap, pemberian pembekalan teknis dan memberikan pengalaman berwirausaha.