Kantor Pajak Sosialisasi E

Untuk mempermudah masyarakatnya dalam pelaporan pajak tahunan, pemerintah sekarang ini menyediakan program yang dinamakan e-Filing, dimana wajib pajak (badan usaha atau perorangan) dapat melaporkan SPT Tahunannya secara online. Untuk memeriksa apakah layanan e-form sudah aktif, Anda dapat masuk kembali ke situs e-filing DJP Online. Jika anda sudah memiliki user DJP Online sebelumnya, silahkan login dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan password anda. Para pemberi kerja juga melakukan penyortiran SPT wajib pajak yang terdaftar di KPP penerima SPT Tahunan dan yang bukan terdaftar di KPP penerima SPT Tahunan serta membuat daftar nominatif penyampaian SPT Tahunan secara kolektif.
Dikirimkan melalui pos, perusahaan jasa ekspedisi, atau jasa kurir dengan bukti pengiriman surat ke alamat Wajib Pajak yang tercantum pada Master File Nasional Direktorat Jenderal Pajak, dalam hal permohonan e-FIN disampaikan secara on-line melalui website Direktorat Jenderal Pajak ( www.pajak ). Oleh karena itu, untuk Wajib Pajak yang alamatnya berbeda dengan yang tercantum pada Master File Nasional DJP sebaiknya tidak melakukan permohonan e-FIN secara on line.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
WP hanya perlu membawa formulir SPT Tahunan yang telah diisi dengan benar, lengkap, dan jelas. Fitur ini sengaja didesain untuk memudahkan wajib pajak dalam melaporkan kewajiban perpajakannya. Kemudian, sampai 31 Maret 2016 jumlah SPT Tahunan yang disampaikan sebesar 8,6 juta. Hanya saja denda ini baru dapat dibayarkan apabila sudah diterbitkan Surat Tagihan Pajak (STP) dari KPP dimana anda terdaftar.
Secara umum, e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan pajak elektronik secara online dan real time melalui situs resmi pajak DJP Online ( ) atau melalui ASP (Application Service Provider) penyedia layanan SPT elektronik untuk memberikan kemudahan bagi WP (Wajib Pajak) dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada direktorat jenderal pajak secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah serta ramah lingkungan.
Menjelang Libur Imlek, IHSG Tertekan Sektor Aneka Industri
Mulai dari menentukan jenis formulir SPT Tahunan. Setelah semua langkah di atas dipenuhi, Wajib Pajak dapat segera menyampaikan SPT nya secara on line. Pelaporan SPT PPh Orang Pribadi cukup dilakukan secara online melalui e-Filing (electronic filing). Menurut laporan Kepala Humas Kantor Pajak Wilayah Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara Aris Bamba, kegiatan ini dimaksudkan agar para pejabat menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat dalam menyampaikan SPT tahunannya.
Tertekan Global, IHSG Sepekan Melemah
Menurut dia berdasarkan pemantauan Ditjen Pajak pada 2012, jumlah SPT yang disampaikan secara e-filing melalui dua layanan tetap meningkat yaitu 319.584 SPT disampaikan wajib pajak dengan menggunakan layanan penyedia jasa aplikasi dan 7.507 SPT disampaikan dengan menggunakan layanan website Ditjen Pajak. Selain sebagai perwujudan kepatuhan pelaksanaan ketentuan perpajakan, SPT Tahunan PPh akan dijadikan sebagai triger dalam menentukan besarnya pajak yang sebenarnya terutang menurut DJP melalui proses pemeriksaan.
Pelaporan bisa langsung mengunjungi website Ditjen Pajak yang berada di alamat dan memilih kolom layanan e-filing. 3. Setelah mendaftarkan diri, wajib pajak akan memperolehdigital certificatedari DJP melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi. Setelah melakukan registrasi dan pendaftaran sebagai pelanggan e-Filing ASP BRI, Wajib Pajak melakukan Login menggunakan ID Pengguna (NPWP) dan Password.
Untuk Pribadi anda, karena anda mendapatkan gaji dari CV maka melaporkan SPT Tahunan menggunakan formulir 1770 S atau SS sesuai bukti potong 1721-A1 dari CV. Kemudian jika anda selain mendapatkan gaji juga mendapatkan prive maka penghasilan berupa prive dilaporkan di SPT Tahunan pada bagian “Penghasilan yang bukan merupakan objek pajak” sehingga tidak terutang pajak.tata cara penyampaian spt tahunan pph secara e-filing
Isi Bagian B jika Anda memiliki penghasilan yang dikenai PPh final dan PPH yang tidak termasuk objek pajak. Sertifikat Elektronik (Digital Certificate) adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukan status subyek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.
Agar pelaksanaan penyampaian SPT Tahunan dapat berjalan dengan lancar, diharapkan adanya koordinasi dengan unit kerja Direktorat Jenderal Pajak terdekat terkait kegiatan sosialisasi, pengajuan permohonan electronic Filling Identification Number (e-FIN), pembuatan akun e-Filling dan penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filling. JAKARTA, - Direktorat Jenderal Pajak menyampaikan prosedur penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bagi Wajib Pajak dan Orang Pribadi untuk 2013 yang mengalami perubahan tata cara penerimaan dan pengolahan.