Database Ketahanan Pangan

Agar terwujudnya ketahanan pangan dan gizi tingkat desa di tandai dengan berkurangnya tingkat kerawanan pangan dan gizi, “jelas Femmy. Untuk itu agar produk kita bersaing termasuk didalamnya produksi pertanian, maka politik pertanian harus diarahkan agar produk pertanian kita memiliki daya saing dari sisi kuantitas maupun kualitas,” sudah barang tentu pemerintah perlu melakukan langkah konkret berupa optimalisasi dan perluasan lahan pertanian, penyediaan dan peningkatan sarana penunjang pertanian seperti pengadaan mesin pertanian, obat-obatan, benih unggul, pupuk, sarana irigasi serta sarana pertanian lainnya.
IHSG Dibuka Menguat 76,62 Poin Di Awal Pekan
Ketahanan pangan juga menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang dengan melakukan identifikasi wilayah yang memiliki ketahanan pangan yang rentan. Situasi kemiskinan dan kerawanan pangan di NTT pada dasarnya sudah mendapat perhatian pemerintah daerah maupun pusat dan juga organisasi masyarakat sipil. Bagi instansi Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan , penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan untuk memaksimalkan Implementasi program Aksi Desa Mandiri Pangan Kabupaten Bantul.
Dari berbagai langkah yang telah dilakukan, Kabupaten Bandung pada tahun 2015 telah mampu menghasilkan produksi padi sebesar 546.594 ton, atau naik dari 543.078 ton pada tahun 2014. Desa Kasintuwu merupakan salah satu dari 15 Desa di Luwu Timur yang mendapatkan bantuan pinjaman bergulir dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur. Pemberdayaan kelompok afinitas menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan program ini.
Kalau Desa Mandiri Pangan, seharusnya orang-orang di desa ini tidak harus beli beras, kesejahteraannya sudah bagus. Jakarta, - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memfokuskan program dan kegiatan di tahun 2018 pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang ideal namun demikian dalam implementasinya belum menggembirakan, mengingat pemerintah masih melakukan impor pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat.
Akan tetapi pertumbuhan ekonomi haruslah memperhatikan asas pemerataan, hal ini perlu dicapai dengan mengentaskan kemiskinan, peningkatan kesempatan kerja, dan kesempatan berusaha di tingkat pedesaan. Berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY, jumlah desa rawan pangan di DIY pada tahun 2016 adalah 16 desa. Pencapaian target : kegiatan lumbung pangan desa tercapai 100% dimana dalam kegiatan ini merupakan kegiatan operasional dari kegiatan pembangunan fisik lumbung 30 lokasi, fisik lantai jemur 55 lokasi dan pengisian lumbung pangan desa 25 lokasi.
IHSG Dibuka Akhirnya Menguat 18,48 Poin Jadi 4.182,21
Kerawanan pangan masyarakat di bedakan menjadi dua yaitu kerawanan pangan kronis dan kerawanan pangan sementara (BKPP, 2011). Program terkait Pembangunan MRF (Material Recovery Facilities) di setiap Kecamatan adalah program pengembangan kinerja pengelolaan persampahan melalui penyusunan database, pemberdayaan dan pembentukan kelompok masyarakat pengelola TPST dan penyediaan infrastruktur TPST.
Mengidentifikasi Faktor Faktor yang menghambat Implementasi Program Aksi Desa Mandiri Pangan di Desa Temuwuh Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyebutkan beberapa program yang akan dipercepat dalam sisa waktu tiga bulan terakhir di antaranya percepatan diversifikasi pangan, pembangunan Toko Tani Indonesia (TTI), fokus pengendalian harga dan kualitas pangan, serta percepatan sosialisasi peraturan baru.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
Pada tahap ini mulai ditumbuhkan LKD sebagai lembaga layanan modal, berfungsinya posyandu dan kader gizi serta bekerjanya sistem ketahanan pangan dari aspek ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan serta koordinasi program lintas sektor untuk pembangunan sarana prasarana dalam ketahanan pangan wilayah pedesaan. Foto : BKP Kementerian Pertanian saat meninjau program pangan lestari yang diinisiasi oleh program CSR Limau Field bersama kelompok wanita tani “Melati” di Desa Cinta Kasih.
28. 28Tugas Tim Pangan Desa Menemukenali kondisi, potensi dan masalah ketersediaan pangan,distribusi, konsumsi, akses dan pemanfaatan pangan Mengintegrasikan berbagai program pembangunan di perdesaan. Bersama pendamping, Tomas, perwakilan masyarakat, Badanpermusyawaratan desa, menyusun rencana pembangunanwilayah pedesaan (RPWD) Bersama pendamping, memverifikasi usulan RUK untukpemanfaatan dana bansos Bersama pendamping menumbuhkan LKD. Menjalankan fungsi pelaporan situasi pangan dan gizi Bersama pendamping melaporkan perkembangan proksi mapan. Bersama pendamping mendampingi kelompok dalam menjalankandan mengembangkan usaha kelompok. Bersama pendamping memperkuat dan meningkatkan perankelembagaan masyarakat. Melanjutkan kegiatan pendampingan masyarakat.
Indikator akses digunakan untuk mengetahui bahwa kebijakan atau program yang diberikan mudah dijangkau oleh kelompok sasaran. Pada kesempatan itu, ada lima desa yang menerima dana bantuan. Dia juga menghimbau pada semua anggota untuk tidak patah arang, tetap komunikasi dan pelihara sinergitas dengan masyarakat dan instansi terkait dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.
Kelompok Melati telah mampu meningkatkan ketersediaan bahan pangan rumah tangga sendiri melalui kebun pekarangan dan budidaya ikan di dalam terpal. Sri Purnomo mengatakan, untuk mendorong pengembangan desa mandiri pangan ter sebut, berbagai program te - lah dilakukan. Program Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Pendidikan Yang Berkualitas. Yang menjadikan Desa Wonosari masuk menjadi kategori Desa Rawan Pangan adalah aspek Ketersediaan Pangan, luas lahan pertanian tidak sebanding dengan jumlah penduduk.