Catatan Akhir Tahun Energi Terbarukan Era Jokowi, Nuklir Jadi Jawaban?

JAKARTA - Hasil riset Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan, di beberapa wilayah perairan Indonesia yang memiliki arus laut kuat menyimpan potensi energi listrik hingga 6 ribu MW. Wilayah perairan itu terutama di selat-selat yang menghadap Lautan Hindia dan Samudera Pasifik. Apabila quantity seluruh sumberdaya migas yang berada di jalur Indo-Aseandigabungkan, dimasa depan jalur ini akan menjadi lumbung energi dengan kantong-kantong minyak dan gas yang patut diperhitungkan AS dan sekutunya, mengingat sumberdaya migas di belahan dunia lain sudah menyusut sedangkan penemuan-penemuan cadangan migas yang baru akan semakin sulit dan langka.
Dengan kata lain, target 23% EBT tidak dapat menjadi justifikasi Indonesia akan memiliki 23% sumber energi dari ET. Kementerian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Kementerian Kemaritiman sejak tahun lalu membuat prototype sebagai uji coba energi terbarukan ini. Potensi tenaga surya Indonesia secara umum berada pada tingkat fulfill (cukup) yang dapat kita jadikan sebagai salah satu patokan untuk menyusun perencanaan pembangunan sumber energi PLTS pada masa depan.
Hal ini menandakan potensinya untuk menghasilkan energi gelombang sangat besar. Membantu Pemerintah dalam program pengembangan dan pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk pembangkit listrik sehingga mampu mengurangi polusi dan kerusakan lingkungan. Konsultasi energi FGE mengatakan sanksi baru AS terhadap Iran dapat menghasilkan penurunan 250.000 hingga 500.000 barel per hari dalam ekspor hingga akhir tahun, dibandingkan dengan ekspor minyak mentah sekitar 2,zero juta hingga 2,2 juta barel per hari sejak awal 2016, ketika sanksi dicabut.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Berikut 10 energi terbarukan yang dimiliki Indonesia dan berpotensi besar untuk menyediakan sumber energi berlebih. Dengan program program dari pemerinah tersebut di harapkan Indonesia mampu untuk meningkatkan kesadaran dan pemanfaatan energi terbarukan sehingga krisis energi tidak terjadi di Indonesia. Energi listrik dihasilkan saat jatuhnya air disalurkan melalui turbin air.
Sampai tahun 2011, tujuh lapangan panas bumi yang telah beroperasi (complete menghasilkan 1226 MW) di Indonesia semuanya dikelola oleh PT. Pertamina Geothermal Vitality (PGE) sebagai pemegang ijin usaha pertambangan panas bumi. Tidaklah mengherankan Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Menurut information Departemen ESDM, fuel bumi di Indonesia di perkirakan hanya mencukupi untuk sixty one tahun kedepan.8 sumber energi terbarukan di indonesia
Biogas plants adalah teknologi energi terbarukan yang paling maju di India dan merupakan salah satu desain yang menjadi rujukan dunia selain Cina. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTT, Ir. Andre W. Koreh, MT, Selat Gonsalu sangat deras dan keras memiliki potensi besar untuk dikelola menjadi pembangkit energi listrik. Bisa dihitung, jika pada tahun 1990 yang lalu eighty five persen dari produksi energi listrik di Indonesia (sekitar forty three.200 GWh) dihasilkan oleh energi fosil, berarti terjadi pembebasan 42 juta ton CO2, forty one,5 ribu ton SO2 serta 30 ribu ton NOx.
Setidaknya pada 2025, Indonesia mampu menembus peringkat 10 sebagai negara penghasil EBT terbesar di dunia. Sebanyak 80 % penduduk Indonesia tinggal di Jawa dan Bali, sedangkan sumber energi primer mayoritas berada di luar Jawa-Bali. Diketahui jika sumber energi matahari yang sampai ke bumi begitu besar dan terus berproduksi setiap massanya. Energi terbarukan merupakan energi yang berkelanjutan Hal yang lainnya yang menyebabkan manusia mencari dan meneliti akan energi terbarukan ialah karena sumber daya alam yang berasal dari bumi menyebabkan kerusakan akan lingkungan.
Saat ini memang Indonesia mempunyai kebijakan disersivikasi energi, tapi itu digabung antara energi baru dengan terbarukan. Indonesia adalah salah satu pengahsil komoditi tembakau terbesar, sehingga tembakau masuk dalam kategori komoditi eksportir. Ada banyak sekali tumbuhan atau limbah organik yang melimpah di Indonesia yang bisa kita jadikan sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan sumber energi utama.
Untuk memperbesar energi yang dapat dihasilkan per satuan waktu, dapat dilakukan dengan cara memperluas bidang yang dikenai oleh gelombang laut. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan komitmennya untuk mendirikan lebih banyak lagi pembangkit listrik tenaga bayu atau angin, air, surya, panas bumi, dan seterusnya yang tergolong energi baru dan terbarukan.
Itulah ketujuh komoditas hasil perkebunan di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam beberapa tahun kedepan. Sebagai salah satu ujung tombak ekspor Indonesia maka akan sangat menarik jika kita melihat lebih jauh bagaimana pengaruh krisis yang melanda sejumlah Negara Eropa dan Amerika Serikat saat ini terhadap kinerja sektor perkebunan pada 2012. Sumber energi terbarukan yang cukup menarik untuk dibahas adalah panas bumi.10 energi terbarukan di indonesia