Bank Dunia Prediksi PDB Indonesia Naik Jadi 5,3% Di 2018

Sedangkan Yahoofinance mencatat, Rupiah melemah 11 poin atau 0,08% menjadi Rp13.749 per USD. Laporan tersebut merupakan indikator ekonomi utama AS yang akan menyebabkan pergerakan harga terbesar dan konsisten ketika pengumuman berita dirilis di pasar. Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) Indonesia Stefanus Ridwan menilai penutupan suatu gerai di pusat perbelanjaan merupakan hal yang biasa. Selanjutnya, ia mengatakan, pelaku pasar akan mencermati data indeks produsen Amerika Serikat.
Dalam Amar Putusannya Majelis Komisi menjatuhkan denda masing-masing sebesar Rp 2.062.800.000,00 (dua milyar enam puluh dua juta delapan ratus ribu rupiah) kepada PT Surya Gemilang Indah dan sebesar Rp 515.700.000,00 (lima ratus lima belas juta tujuh ratus ribu rupiah) kepada PT Berkat Yakin Gemilang yang harus disetorkan ke Kas Negara. Kemudian disusul dengan instruksi dari Badan Nasionalisasi Perusahaan Belanda (BANAS) pada tahun 1960, yaitu larangan bagi Bursa Efek Indonesia untuk memperdagangkan semua Efek dari perusahaan Belanda yang beroperasi di Indonesia, termasuk semua Efek yang bernominasi mata uang Belanda, makin memperparah perdagangan Efek di Indonesia.
Bahkan diperkirakan merosotnya nilai tukar Rupiah antara lain disebabkan oleh terus membengkaknya hutang luar negeri yang ditanggung swasta, sehingga begitu kewajiban untuk membayar hutang luar negeri yang jatuh tempo, sementara pada saat yang sama kondisi moneter di dalam negeri sedang kacau, maka kesulitan langsung membelit mereka (AD.Uphadi Media Indonesia, 4 Desember 1997).
Yang keempat, perkembangan situasi politik telah makin menghangat akibat krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar dampak krisis ekonomi itu sendiri.Faktor situasi politik merupakan hal yang paling sulit diatasi karena kegagalan dalam mengembalikan stabilitas sosial-politik mempersulit kinerja ekonomi dalam mencapai momentum pemulihan secara mantap dan berkesinambungan.
IHSG Melemah 50,34 Poin
Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong menambahkan, pergerakan rupiah relatif terbatas di tengah penantian pelaku pasar keuangan terhadap pidato Janet Yellen pada pekan ini mengenai sinyal kenaikan suku bunga di akhir tahun ini dan 2018. Kejelasan tentang arah suku bunga AS cenderung menguatkan greenback dan melemahkan rupiah. Josua melanjutkan, pergerakan Rupiah dalam dua pekan terakhir berjalan stabil menjelang pilkada serentak dan tidak ada penunjukan akan melemah.
Dua saham perbankan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat penjualan bersih asing terbesar. Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia menutup sesi perdagangan hari Senin di area merah karena data pertumbuhan yang tidak bergairah. USD stabil menjelang keputusan suku bunga Fed hari Rabu yang diperkirakan tidak mengubah kebijakan moneter.
“Serta harus siap mengawal dan mengamankan upaya spekulasi agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati puasa dan lebaran 2015,” jelasnya. Secara rata-rata, Rupiah terdepresiasi 1,95% (mtm) ke Rp13.434 per dolar AS pada bulan Mei 2016. “Dengan tiga mata uang lain, rupiah menguat, tapi dengan dolar AS kita melemah,” tutur dia. Pasar masih mencerna rilis laporan ekonomi awal pekan ini yang menunjukkan bahwa penjualan ritel Indonesia turun 3.3 persen di bulan Juli.
Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan spot exchange rate di pasar Asia melemah 25 poin atau 0,18% menjadi Rp13.753 per USD. The devaluation of the yuan risks a new round of competitive easing that may send currencies from Brazil’s real to Indonesia’s rupiah tumbling by an average 30 percent to 50 percent in the next nine months, according to investor and former International Monetary Fund economist Stephen Jen.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Kenapa Investasi Bodong Menjamur dan Makan Banyak Korban?
10. Argument bahwa pasar financial internasional tidak stabil secara inheren yang kemudian mengakibatkan buble ekonomi dan cenderung bergerak liar. Sebelumnya, menanggapi kekhawatiran soal besarnya porsi asing di SBN, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah melakukan diversifikasi instrumen utang agar partisipasi masyarakat Indonesia bisa ditingkatkan.
Kondisi IHSG Variatif Cenderung Melemah
Padahal, jika data neraca perdagangan tercatat positif, rupiah berpeluang menguat hari ini. Analis Senior Bina Artha Securities Reza Priyambada mengatakan, penguatan nilai tukar rupiah akan dibantu dengan adanya rilis kenaikan defisit neraca perdagangan AS yang diikuti dengan‎ penurunan nonfarm payrolls dan factory orders yang dapat melemahkan USD dan dengan demikian nilai tukar rupiah masih dapat menguat.