Akuisisi Saham Freeport Disebut Hanya Pencitraan, Benarkah?

Timika - Jelang penyelesaian pengambilalihan saham (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI) oleh pemerintah Indonesia melalui PT Inalum selaku holding BUMN pertambangan, tiba-tiba mencuat nama PT Indocopper Investama. Terkait dengan divestasi, Jonan menyatakan bahwa hal tersebut akan sangat tergantung pada kesiapan PT Inalum (Persero) sebagai BUMN yang akan membeli saham Freeport Indonesia. Setelah hak atas taking part curiosity Rio Tinto dikuasai Inalum, Inalum akan datang ke Freeport Indonesia untuk ditukar menjadi saham senilai 40%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini masih merumuskan empat isu dalam satu paket perjanjian operasional terhadap PT Freeport Indonesia: divestasi saham, pembangunan smelter, kepastian investasi dan penerimaan pajak, serta perpanjangan operasional.
Poin terakhir yang tengah dalam tahap finalisasi adalah divestasi saham Freeport Indonesia sebesar fifty one persen. Dalam perjanjian tersebut, Inalum akan mengeluarkan dana sebesar USD 3,eighty five miliar untuk membeli hak partisipasi Rio Tinto di PTFI dan 100 persen saham FCX di PT Indocopper lnvestama, yang memiliki 9,36 persen saham di PTF. Setelah itu, kata dia, menunggu Freeport Indonesia mengirimkan surat kepada Kementerian ESDM sebagai regulator untuk mengubah susunan pemegang saham.
Jika IPPKH terbit, maka proses selanjutnya adalah pihak PT Inalum membayarkan dana pengambilalihan 51% saham Freeport. Kelima, perpanjangan masa operasi maksimal dua kali 10 tahun hingga 2041 akan diberikan setelah Freeport memenuhi kewajiban yang diatur dalam IUPK OP. Ini dikarenakan 40 persen sisanya dinikmati oleh Rio Tinto sebagai pemilik hak partisipasi (taking part curiosity).
Sementara itu Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin tak menampik, isu lingkungan ini bisa menjadi penghambat pendanaan untuk menyelesaikan proses divestasi PT FI. Tapi baru 9,36% saham yang sudah didivestasikan ke pemerintah sampai detik ini. Menurutnya, Freeport Indonesia telah kelola tambang selama hampir 50 tahun. Nantinya total saham itu akan dibagi dua yakni 26,23 milik Inalum sebagai wakil Pemerintah Indonesia, sementar 25 persen lainnya akan dimiliki bersama oleh Inalum dan Pemerintah Papua melalui skema joint venture.
Ternyata dalam aturan pelaksanaan divestasi yang dirilis oleh Pemerintah pada tanggal 18 Januari 2017, bahwa pelepasan saham atau yang dikenal dengan istilah divestasi saham PT. Freeport Indonesia (yang dikuasi 90,sixty four% oleh Freeport McMoran) dilaksanakan setelah PT. FI menjalankan ketentuan perijinan berbentuk IUPK, bukan berbentuk Kontrak Karya sebagaimana yang berlaku sejak pemberian perpanjangan KK fase kedua pada tahun 1991 - 2021 yang berlangsung selama 30 Tahun.
Ketiga, PTFI berkomitmen membangun smelter baru di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun. Kewajiban divestasi saham hingga 51% dan pemurnian hasil pertambangan. Pemerintah melalui PT Inalum (Persero) resmi memiliki 51% saham Freeport Indonesia. Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo angkat bicara soal penandatanganan perjanjian untuk akuisisi fifty one,23% saham PT Freeport Indonesia.
Penurunan ini tergolong dalam karena seminggu terakhir harga saham Freeport masih menguat 2,59 persen. Aneh saja, sejak awal di-booming-booming-kan kalau Freeport sudah diambil sahamnya fifty one persen. Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia akan segera selesai. Terkait hal itu, Abra justru menilai bahwa kesepakatan penandatangan yang dilakukan PT Inalium dengan PTFI dinilai tidak mengikat sama sekali.
RFBERJANGKA
Penandatangan kesepakatan dihadiri oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta perwakilan dari PT Inalum dan PT Freeport Indonesia. Dengan beralihnya izin tersebut maka saat ini kedudukan Freeport McMoran sejajar dengan PT Inalum. Sebagai informasi sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan kondisi terkini proses divestasi saham Freeport.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun bercerita bahwa capaian Pemerintah Indonesia ini merupakan kerja keras dari berbagai pihak. Fuad menambahkan, bagi yang mengerti bisnis dan hukum, Head of Settlement (HoA) divestasi fifty one persen saham Freeport sebenarnya hanya sebuah deklarasi politik alias belum ada hasil atau perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak.
Dia menambahkan, standing kontrak karya (KK) pada PTFI akan segera berubah menjadi izin usaha pertambangan khusus ( IUPK ) manakala PT Freeport-McMoRan Inc sudah mengajukan surat permohonan perubahan pemegang saham. Perusahaan pertambangan emas dan tembaga raksasa yang beroperasi di Papua ini, dianggap telah merampok kekayaan alam Indonesia secara besar-besaran untuk dibawa ke negara pemilik perusahaan tersebut, Amerika Serikat.